Harus Perhatikan Makanan Yang Dilarang Saat Diet

Jika Anda sedang mengikuti program penurunan berat badan, ada beberapa jenis makanan yang dilarang saat diet. Selain untuk mencapai berat badan ideal, pola makan yang sehat dan seimbang juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Kunci utama keberhasilan penurunan berat badan adalah membatasi jenis makanan yang dilarang saat diet. Berbagai makanan yang tinggi kalori, gula, karbohidrat dan lemak jenuh adalah makanan yang harus dihindari selama diet Anda. Ikutilah tips diet ini agar anda sukses dalam melaksanakan diet dan berhasil menurunkan berat badan.

Daftar makanan yang dilarang saat diet

Jenis makanan yang dapat mengganggu program diet Anda adalah:

1. Kentang goreng dan keripik

Kentang merupakan salah satu makanan yang paling sehat kecuali jika diolah menjadi gorengan. Proses penggorengan meningkatkan kalori dan kandungan minyak pada kentang. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti kentang goreng dapat meningkatkan risiko kanker.

Atau, Anda bisa memasak kentang dengan cara yang lebih sehat, seperti merebus, mengukus, atau memanggang. Beberapa metode pengolahan kentang juga cocok untuk menjaga nilai gizi kentang.

2. Kue

Kue umumnya dibuat dengan tepung, gula, dan mentega. Kombinasi bahan-bahan ini meningkatkan kalori dari banyak jenis kue, tetapi menurunkan nutrisinya. Selain itu, makan kue saat sedang diet justru bisa membuat Anda lapar dan ingin makan lebih banyak.

Jika Anda tetap ingin makan makanan manis saat diet, Anda bisa memilih dark chocolate. Cokelat jenis ini tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Es krim

Es krim memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, sehingga sering disantap saat cuaca panas. Padahal, es krim sangat tinggi gula dan kalori.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari es krim kemasan dan menggantinya dengan membuat es krim sendiri di rumah menggunakan bahan yang lebih sehat dan alami.

Tidak hanya rendah kalori, es krim yang terbuat dari bahan yoghurt dan buah juga memiliki manfaat kesehatan yang baik.

4. Roti putih

Makan roti tawar dengan selai menjadi pilihan sarapan yang praktis dan nyaman. Namun, saat sedang diet, roti putih sebaiknya diganti dengan oat kaya serat atau roti gandum utuh untuk memperpanjang rasa kenyang.

Satu studi juga menunjukkan bahwa diet rendah kalori dengan roti gulung gandum utuh dapat mengurangi lemak perut lebih banyak daripada diet yang mengandung roti putih dan nasi putih.

makanan yang dilaran saat diet

5. Makanan siap saji

Makanan cepat saji pada umumnya tinggi kalori, kolesterol, dan garam, serta rendah nutrisi. Overdosis, jenis makanan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan semua makanan siap saji adalah makanan yang dilarang saat diet

Selain itu, dosis makanan cepat saji yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, agar program diet berhasil dan menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya hindari makan junk food dan perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang.

6. Makanan dengan tambahan gula

Makanan berlabel rendah lemak atau bebas lemak tidak selalu sehat. Ini karena gula seperti sukrosa, fruktosa dan maltosa sering ditambahkan untuk meningkatkan rasa makanan.

Kelebihan dosis gula juga dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

7. Minuman kemasan

Minuman manis kemasan seperti soda, kopi kaleng, dan jus buah kemasan tinggi gula dan kalori. Dalam kasus minum berlebihan, jenis minuman ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan dan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Karena itu, lebih baik mengambil jus buah murni tanpa tambahan gula. Selain sehat, Anda dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Selain membatasi berbagai jenis makanan dan minuman yang disebutkan di atas, disarankan juga untuk berolahraga secara teratur minimal 30 menit sehari untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil nutrisi terbaik.

Tidak mungkin mendapatkan berat badan ideal dengan cepat dan cepat. Dibutuhkan konsistensi, disiplin dan tentu saja kesabaran.

Namun, jika Anda masih tidak dapat mencapai berat badan ideal dengan menghindari berbagai jenis makanan yang harus Anda hindari saat melakukan diet di atas, maka konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan rencana diet yang cocok untuk Anda. kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *