13 Tips Diet Sehat dan Cepat Turun Berat Badan

Tips diet sehat dan cepat. Banyak sekali informasi yang sering kita dengar dan ketahui tentang cara diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Menjalankan program diet tentu saja dapat membuat Anda lapar dan menghentikan program diet dalam beberapa minggu, sehingga Anda harus memiliki kemauan yang kuat untuk menjalankan program diet.

Ada juga informasi tentang program diet sehat dan cepat yang menjanjikan penurunan hingga 4,5 kg per minggu, jadi tentu saja Anda mungkin ingin berlari, tetapi Anda harus memutuskan apakah program diet Anda tepat untuk Anda. Diet sehat, aman dan efektif.

Faktanya, menurunkan berat badan melalui diet yang sehat, aman dan sukses adalah tentang menjalani gaya hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda, dan tentu saja dapat bertahan seumur hidup.

Untuk itu, saya telah menyusun artikel tentangĀ  diet sehat dan 13 tips Diet Sehat dan Cepat tanpa obat ini. Ini bisa menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin terus mengikuti pola makan yang sehat dan aman.

Berikut adalah 13 tips diet sehat dan cepat :

1. Makan banyak makanan kaya serat

Makan banyak makanan kaya serat adalah tip nomor satu untuk makan makanan yang sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan berserat tinggi dapat membantu Anda merasa kenyang dan membantu Anda menurunkan berat badan. Serat makanan hanya ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, gandum, roti gandum, beras merah, pasta, kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan banyak makanan berserat tinggi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Anda dapat menikmati salad dengan kacang atau sarapan gandum. Anda juga bisa mengemil kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya serat.

2. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat

Diet sehat selanjutnya dan cara cepat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Minuman manis dan makanan seperti permen, kue, soda, dan beberapa makanan yang dipanggang dan dipanggang dengan gula tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat dan masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung, dan dapat menyebabkan hal ini. Anda cenderung makan banyak nutrisi yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Untuk diet sehat, aman dan cepat, kurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung gula dan pati (karbohidrat). Melakukan hal itu mengurangi tingkat kelaparan dan karenanya makan lebih sedikit kalori.

Selain itu, dengan membatasi konsumsi gula dan karbohidrat, ginjal dapat menurunkan kadar insulin untuk membuang kelebihan natrium dan air dari tubuh, menyebabkan kelebihan air yang tidak diperlukan tubuh untuk membuang lingkungan hormonal dan mengubah lingkungan hormonal. Otak mencoba “ingin” menurunkan berat badan.

Tidak jarang kehilangan hingga 4,5 kilogram dalam sebulan karena lemak tubuh dan kadar air yang lebih rendah jika Anda dapat mengikuti tips diet seperti itu dengan benar dan disiplin. Lemak tubuh mengalami sensasi terbakar untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Oleh karena itu, pembentukan energi sebelumnya berasal dari pembakaran karbohidrat, namun untuk mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat, kebutuhan energi berasal dari pembakaran lemak tubuh, sehingga mengurangi lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Jika Anda membeli makanan kemasan dari supermarket atau supermarket, makanan tersebut dikatakan sehat atau organik, tetapi mungkin mengandung banyak gula, jadi bacalah label nutrisi pada kemasan makanan Anda.

3. Tingkatkan konsumsi protein, lemak dan sumber makanan nabati

Perbanyak konsumsi protein, lemak dan sayuran rendah karbohidrat sebagai sumber makanan, dan konsumsi hanya 20-50 gram karbohidrat per hari mempercepat penurunan berat badan.

Jangan lewatkan tips untuk makan makanan yang sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat. Makan banyak protein dapat meningkatkan metabolisme Anda sebesar 80-100 kalori per hari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya protein dapat meningkatkan rasa kenyang dari karbohidrat dan lemak dengan mengurangi keinginan mengidam makanan hingga 60% dan mengurangi separuh keinginan untuk ngemil di malam hari.

Meningkatkan asupan protein Anda di pagi hari membantu Anda menghindari ngemil makanan yang tidak sehat dan mengendalikan nafsu makan Anda sepanjang hari.

Namun, pilihlah sumber protein tanpa lemak seperti salmon, trout, udang, telur utuh, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu, tempe, kacang-kacangan, ikan, dan makanan laut lainnya.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya lemak seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan meningkatkan penurunan berat badan.

Lemak sehat membantu Anda berhasil mengelola program diet sehat. Lemak juga membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan Anda untuk makan.

Juga, ingatlah untuk makan sayuran dan buah-buahan yang rendah karbohidrat, karena kedua jenis makanan tersebut kaya akan serat. Dengan begitu, Anda bisa kenyang lebih lama.

Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang relatif rendah kalori. Anda bisa makan sayuran rendah karbohidrat tanpa melebihi 20-50 gram karbohidrat bersih per hari, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan.

Sayuran rendah karbohidrat termasuk brokoli, kembang kol, bayam, tomat, kubis, selada, dan mentimun.

4. Jangan lewatkan sarapan

Jika Anda mengira melewatkan sarapan atau makan dalam porsi kecil akan mempercepat penurunan berat badan, Anda salah. Sarapan adalah salah satu tips untuk diet sehat dan penurunan berat badan yang cepat.

Anda tidak dapat menurunkan berat badan dengan melewatkan atau melewatkan sarapan, jadi Anda mungkin sudah kehilangan nutrisi penting, dan Anda akan lebih sering ngemil sepanjang hari karena lapar. Selain itu, sarapan harus dimakan untuk memenuhi 15-30% kebutuhan nutrisi harian.

Untuk itu, banyak orang yang menjalankan program diet tidak sering melewatkan sarapan, atau jika sarapannya sedikit, tips diet sehat dan penurunan berat badan yang cepat menjadi penting.

Sarapan dengan makanan kaya protein seperti telur telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Meningkatkan asupan protein di pagi hari saat sarapan dapat membantu Anda menghindari camilan tidak sehat, mengontrol nafsu makan sepanjang hari, dan mengurangi kalori.

Berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa makanan kaya protein dapat meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan sumber karbohidrat dan lemak. Tentu saja, ini membantu mengurangi porsinya.

diet sehat dan cepat

5. Jadwalkan makan teratur

Kedua, saran untuk makan makanan yang sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat adalah membatasi diet Anda secara teratur, terutama di siang hari, karena membantu Anda membakar kalori lebih cepat. Jadwal makan yang teratur juga mengurangi keinginan untuk selalu mengemil makanan yang sangat tinggi lemak dan gula.

6. Makan lebih sedikit

Penelitian telah menunjukkan bahwa rasa kenyang tidak dipengaruhi oleh jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, melainkan oleh jumlah makanan yang kita makan. Untuk itu, tips pola makan sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat antara lain makan dalam porsi kecil.

Karena itu, Anda selalu makan sedikit demi sedikit. Untuk membiasakannya, gunakan piring atau mangkuk kecil sampai Anda terbiasa makan dalam porsi kecil tanpa merasa lapar.

Dibutuhkan sekitar 20 menit bagi otak Anda untuk memberi tahu bahwa perut Anda sudah kenyang, jadi makanlah dengan perlahan dan berhentilah makan sebelum kenyang.

Lebih baik makan banyak daripada langsung, tetapi lebih baik makan sedikit demi sedikit. Jika Anda memiliki kesempatan untuk makan di restoran, pilih jumlah yang lebih kecil dari biasanya dari menu.

Kami juga menemukan bahwa ukuran piring yang digunakan untuk makan dapat mempengaruhi jumlah makanan. Menurut sebuah penelitian, orang cenderung mengisi piring mereka dengan makanan sekitar 70% dari volume piring yang mereka gunakan. Oleh karena itu, menggunakan piring yang lebih kecil akan makan lebih sedikit.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa warna piring dapat mempengaruhi ukuran porsi yang kita makan. Menurut sebuah studi Cornell University 2012, mereka cenderung makan lebih banyak jika kontras warna antara makanan dan makanan tidak terlihat. Karena itu, jika ingin mengurangi pewarna makanan, gunakan warna yang sama sekali berbeda dari pewarna makanan, misalnya warna piring putih.

7. Minum air sebelum makan

Minum air sebelum makan adalah tip makanan sehat yang membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dan dapat membantu Anda berhasil dengan diet Anda. Satu studi melaporkan bahwa minum air 30 menit sebelum makan menghasilkan penurunan berat badan 44% dalam waktu 3 bulan.

Orang yang minum hingga dua gelas air (500 ml) sebelum sarapan makan 13% lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Air dapat menghilangkan dahaga Anda sebelum makan tanpa meningkatkan kalori yang kita konsumsi, dan minum segelas air memberi Anda tambahan kalori.

8. Memperluas distribusi sayur dan buah

Penelitian juga menunjukkan bahwa rasa kenyang dipengaruhi oleh jumlah makanan yang Anda makan, bukan oleh jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh Anda. Itulah mengapa meningkatkan proporsi sayur dan buah merupakan tip diet sehat dan penurunan berat badan yang cepat untuk mendukung keberhasilan diet Anda dan tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Dengan cara ini, Anda bisa makan banyak sayuran dan buah-buahan tanpa menambah kalori ekstra. Ini karena sayuran dan buah-buahan relatif rendah kalori. Selain itu, jenis makanan ini merupakan kelompok makanan yang kaya akan serat makanan, sehingga Anda bisa mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lama.

Juga perlu diingat bahwa sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Kemudian taruh setengah dari sayuran dan buah-buahan di piring dan Anda tidak perlu khawatir kelaparan.

Sebagai alternatif, Anda dapat memulai makan dengan sup dan salad sehingga Anda tidak makan terlalu banyak hidangan utama. Sup dan salad rendah kalori kaya akan air, tinggi serat, dan rendah kalori. Ini membantu mengontrol kalori saat makan berikutnya.

9. Hindari minuman berkalori tinggi

Minuman berkalori tinggi adalah hal yang tabu bagi mereka yang sedang diet. Oleh karena itu, tips makan sehat dan cepat menurunkan berat badan selanjutnya adalah menghindari minuman berkalori tinggi seperti soda, milkshake, dan minuman suplemen yang diiklankan sebagai minuman energi bagi orang yang aktif. Minuman ini cenderung sangat tinggi kalori, pewarna buatan, dan gula.

Selain itu, minuman jus kemasan yang diiklankan sebagai minuman sehat dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak seiring dengan pertumbuhan tubuh yang sangat cepat.

Yang terbaik adalah minum air untuk mengurangi jumlah kalori yang Anda minum sepanjang hari. Minum banyak air sepanjang hari adalah optimal untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Hasil dari penelitian terhadap lebih dari 9.500 orang menemukan bahwa mereka yang tidak minum cukup air memiliki indeks massa tubuh (IMB) yang lebih tinggi dan lebih cenderung mengalami obesitas daripada mereka yang minum lebih banyak air. Selain itu, mereka yang minum air sebelum makan membakar lebih sedikit kalori.

10. Pilih jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan

Memilih jenis makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan adalah makan makanan yang sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat. Karena ada jenis makanan tertentu yang bisa menghilangkan lemak.

Makanan ini termasuk telur, kangkung, bayam, sawi, salmon, tuna, brokoli, kubis, daging sapi, dada ayam, kentang rebus, biji-bijian, kacang-kacangan, keju, alpukat, cuka sari apel, sereal, dan gandum. Sertakan sayuran hijau seperti coklat. Nasi, cabai, buah-buahan, anggur, biji chia, minyak kelapa, minyak zaitun, susu.

11. Makan lebih banyak makanan segar daripada makanan olahan

Makanan segar dan makanan utuh lebih sehat, lebih mengenyangkan, dan cenderung tidak makan berlebihan daripada mereka yang makan makanan olahan.

Mengapa kita perlu mengurangi makanan olahan? Makanan olahan tinggi kalori, gula, dan lemak tambahan, rendah nutrisi, dan tinggi bahan kimia dan pengawet. Makanan olahan sendiri adalah makanan yang telah mengalami proses tertentu sebelum memakannya.

Jika ingin mengurangi konsumsi makanan olahan, sebaiknya perhatikan proses pengolahannya sebelum dikonsumsi. Makanan olahan yang harus dihindari adalah makanan olahan bentuk panjang, makanan siap saji, gula, penyedap rasa, pemanis, dan makanan yang dikemas dengan pewarna dan pengawet.

Jika Anda bisa menghindari dan mengurangi jenis makanan olahan tersebut, maka pola makan Anda akan lebih sehat dan bergizi.

diet sehat dan cepat

12. Makan perlahan

Saat berdiet, sangat disarankan untuk makan perlahan karena tubuh menyerap lebih sedikit kalori. Makan perlahan tidak hanya memberi Anda perasaan halus dan menyenangkan, tetapi juga memungkinkan Anda makan lebih sedikit dan makan lebih awal.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter. Kathleen Melanson dari University of Rhode Island Kingston USA membagikan 30 wanita muda yang diminta untuk makan pasta Italia dengan saus tomat dan sayuran, kemudian di atasnya dengan keju Parmesan.

Sebelumnya, 30 wanita diberi menu sarapan yang sama dengan kandungan kalori 400 kalori. Kemudian dia memintanya untuk berpuasa selama empat jam sebelum memberinya pasta.

Saat menyajikan pasta, mereka dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan cara mereka memakannya. Kelompok pertama makan dengan satu sendok makan, yang mereka gunakan untuk memakan pasta dengan cepat, sesuai dengan kemampuan mereka.
Kelompok kedua mengambil satu sendok teh dan harus mengunyah 15 sampai 20 kali sebelum menelan. Hasil dari kedua perawatan tersebut, pada metode pertama, tubuh menyerap rata-rata 646 kalori dalam 9 menit. Di sisi lain, pada metode kedua, tubuh hanya menyerap 579 kalori dalam 29 menit. Jadi sudah terbukti bahwa tubuh menyerap kalori lebih sedikit secara perlahan.
Karena itu, usahakan selalu makan dengan perlahan. Anda bisa merasakannya setelah kenyang, jadi jangan makan berlebihan.

13. Hindari segala sesuatu yang dapat mengganggu program diet Anda

Jika Anda sedang diet, lakukan “diet sadar” saat Anda makan. Dengan kata lain, hindari makan sambil menonton TV atau di depan komputer. Ini bisa membakar lebih banyak kalori dan akhirnya menambah berat badan.
Selain itu, hindari menggunakan smartphone saat makan, karena hasilnya akan mirip dengan apa yang Anda lihat saat menonton TV atau makan di depan komputer.
Makanlah dengan serius dan hindari gangguan ini. Ini sangat membantu tubuh Anda merespon sinyal lapar dan kenyang, sehingga lebih mudah dirasakan saat Anda berhenti makan saat sudah kenyang.

Selain itu, ada beberapa tips diet sehat dan penurunan berat badan cepat yang harus Anda ketahui tentang apa yang harus dihindari:

  • Nikotin dalam rokok dapat mengganggu pencernaan, jadi merokoklah setelah makan.

  • Mandi. Kebiasaan mandi setelah makan mengurangi fungsi pencernaan dan harus dihindari, karena mandi memperlambat aliran darah dan mengurangi aliran darah dalam sistem pencernaan.

  • Makan buahnya. Hal utama yang harus dihindari adalah makan buah setelah makan. Buah membutuhkan enzim yang berbeda dari makanan yang dicerna dan tidak dapat diserap jika dimakan setelah makan.

  • Minum teh. Kebiasaan lain yang harus dihindari adalah minum teh setelah makan, namun sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Mengapa harus dihindari? Ini karena teh mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi dari makanan yang Anda makan. Zat besi adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh Anda.

  • Duduk terlalu lama, saya duduk untuk waktu yang lama. Setelah makan, sebaiknya jangan duduk dalam waktu lama, karena akan mempengaruhi proses pencernaan, sehingga disarankan untuk berjalan atau bergerak.

  • Latihan yang memberi energi. Setelah selesai makan, jangan berolahraga terlalu keras. Ini dapat menyebabkan peningkatan keasaman lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

  • Berbaring/rebahan. Hindari berbaring setelah makan. Ini mencegah perjalanan makanan ke dalam sistem pencernaan, yang menyebabkan peningkatan asam lambung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *